PROVIDER OUTBOUND MALANG

http://www.kegelmcburney.com/outbound/provider-outbound-malang/

OUTBOUND

Seperti kita ketahui bersama,pada umumnya orang mengetahui bahwa Survival adalah usaha untuk mempertahankan hidup di alam bebas dari hambatan alam sebelum mendapatkan pertolongan. Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang sulit diprediksi/diperkirakan seperti disebabkan oleh alam, kecelakaan, gangguan satwa atau kondisi lainnya. Namun pada hakekatnya, kondisi Survival dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Didalam kehidupan sehari – hari, kondisi di tempat kerja dan lain – lain. Salah satu contohnya adalah, misalnya ; ketika berangkat ke lokasi pertemuan tiba – tiba ban kendaraan kita bocor di tengah jalan, jauh dari keramaian.Sementara klien sedang menuju lokasi juga. Apa yang akan kita lakukan?.

PROBLEM SOLVING

Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan di alam bebas adalah persiapan dan perencanaan kegiatan yang matang, meliputi persiapan alat/perlengkapan,kesehatan dan kondisi fisik, biaya selama kegiatan dan data informasi mengenai lokasi,jalur, medan serta cuaca. Kemanapun lokasi yang kita tuju, apapun jenis medan yang dilalui, seberapa buruknya cuaca yang dihadapi atau seberapa besar hambatan yang datang, bukanlah suatu masalah yang berarti jika dibekali dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Iklim/cuaca yang ekstrim, medan yang sulit dilewati atau sumber air yang kurang. Kondisi-kondisi tersebut harus diantisipasi sedini mungkin dengan persiapan fisik,mental, keterampilan (skill) dan data informasi. Perencanaan kegiatan akan mempermudah mengorganisir kegiatan yang akan dilakukan, dengan mengeliminasi kemungkinan resiko buruk yang mungkin terjadi.perencanaan tersebut harus berdasar kepada “Pedoman 5 W +1 H” yaitu Who,What,Why,When,Where dan How.

OUTBOUND TRAINING

Ada dua ketrampilan utama yang seharusnya dimiliki dan di pelajari oleh tiap peserta kegiatan ini, yaitu:

  • Ketrampilan Interpersonal (Interpersonal Skills), termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Dengan menjadi anggota suatu organisasi atau perusahaan maka secara tidak langsung Anda sudah menempatkan diri menjadi anggota sebuah teamwork.
  • Ketrampilan Managerial (Managerial Skills), termasuk kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain.

Setelah mengikuti Pelatihan ini, secara umum peserta diharapkan memiliki perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan berikut :

  1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan Personal Block maupun Interpersonal Block dalam berhubungan dengan pihak lain.
  2. Meningkatkan kemampuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya. (Planning, Organizing, Leading, Controlling ) minimal didalam kelompoknya, dan lebih luas lagi bersama kelompok lainnya.
  3. Mampu berkomunikasi secara baik dan benar dengan pihak lain.
  4. Mengenal dan memahami prinsip – prinsip dalam mengembangkan kerja sama tim.
  5. Mampu ber-empati kepada atasan, bawahan, maupun sesama rekan kerja.
  6. Mampu mengaplikasikan dan menerapkan konsep kerjasama, tidak hanya pada kelompok yang telah dibentuk, tetapi juga pada kelompok lainnya.
  7. Memiliki sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah.
  8. Memiliki sikap besar hati menerima masukan dan kritik dari rekan sejawat atas kekurangan dan kelemahan, serta memotivasi diri untuk melakukan perbaikan – perbaikan ( Feedback ).
  9. Meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara efektif ( Problem Solving & Decision Making ).
  10. Memiliki sikap loyalitas tinggi pada kelompok dan ada komitmen tim yang telah ditetapkan bersama demi keberhasilan dan kesuksesan bersama.

Inti dari muatan Survival adalah membangun kekuatan dan kecerdasan mental spiritual sehingga seeorang yang sedang berada dalam kondisi yang tidak di inginkan dapat tetap tenang dalam mencari jalan keluar dari masalahnya tersebut. Namun, untuk membuat program ini menjadi ssesuatu yang dapat di fahami dan di rasakan manfaat baiknya, maka kegiatan ini memang kerap kali di adakan di alam bebas dengan tantangan dan kondisi yang tidak setiap saat dapat di rasakan oleh peserta.

OUTBOUND SURVIVAL

Pada dasarnya program Jungle Survival Outbound Training bertujuan untuk membangun daya tahan peserta, baik daya tahan fisik maupun daya tahan mental spiritual agar peserta mampu beradaptasi dalam tentangan seberat apapun, baik dalam program pelatihan ini maupun dalam kehidupan sehari – hari dan dunia kerja. Sehingga di harapkan nantinya tiap peserta mampu mengambil keputusan yang rasional dan menguntungkan walaupun dalam kondisi berada dibawah tekanan target, masalah keluarga dan masalah lainnya.

Selain itu, program Jungle Survival Outbound Training ini juga bertujuan untuk membangun rasa peduli peserta terhadap dirinya sendiri serta sesama peserta lainnya, membangun komunikasi efektif selama di lapangan, meningkatkan rasa percaya terhadap diri sendiri, rekan kerja dan Sang Pencipta. Serta banyak lagi manfaat yang terkandung dalam kegiatan Jungle Survival Outbound Training ini yang berfungsi sebagai jembatan untuk membangun kerjasama tim yang lebih solid.Dan yang terpenting adalah, pada akhirnya akan terbentuk sebuah kelompok atau team kerja yang solid, memiliki mental baja, saling melindungi dan mempunyai target yang sama. One Team, One Spirit, One Goal….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *